Kelebihan dan kekurangan mengkloning PC

Norton Ghost, itulah nama softwarenya.
Kloning mungkin masyarakat awam mengartikannya adalah suatu cara atau sistem untuk mencipta atau membuat sesuatu benda menjadi sama dengan yang aslinya dengan cara mengambil salah satu bagian tertentu dari benda yang aslinya, Kloning komputer merupakan suatu solusi atau cara installasi Microsoft Windows ke beberapa komputer dengan cepat dan lebih mudah dari pada kita harus menginstall ulang di setiap komputer satu persatu, karena yang di install Microsoft windows XP Profesional Service Pack 2 dan beberapa perangkat lunak yang lain hanya satu komputer saja, dan yang lainnya akan terisi sama dengan satu komputer tersebut, tetapi untuk proses cloning computer ini, speksifikasi dari semua komputer tersebut harus sama, mulai dari type dan brand mainboardnya sampai landcardnya harus sama.

Pengenalan Kloning komputer
Kloning komputer sampai saat ini masih jarang sekali dipakai oleh perusahaan yang didalamnya terdapat suatu jaringan komputer. Kloning komputer menggunakan suatu perangkat lunak yaitu Symantec Norton Ghost, saat ini Symantec Norton Ghost banyak sekali tipenya mulai dari Norton Ghost V 7 yang cara pengoperasiannya masih menggunakan layar DOS sampai versi 2003 yang pengopersaiannya atau create imagenya sudah menggunakan metode windows tanpa melalui DOS. Kegunaan atau fungsi dari Kloning komputer ini adalah selain lebih menghemat waktu saat kita mengistallasi suatu microsoft windows ke dalam beberapa komputer. Dengan menggunakan metode atau cara kloning komputer ini dapat dikatakan lebih cepat dan menghemat waktu, karena saat kita ingin mengistallasi satu Windows kedalam satu komputer saja dengan cara mengistallnya secara manual atau mengistal satu komputer dengan cd instaler Windows akan memerlukan waktu beberapa jam lamanya, ini masih belum mengistall beberapa perangkat lunak yang sangat dibutuhkan oleh beberapa komputer di suatu perusahaan.
Sedangkan jika suatu jaringan komputer di satu perusahaan menggunakan metode atau cara kloning komputer ini hanya sekali saja mengistall Windows secara manual atau dengan menggunakan cd instalernya Windows dan perangkat lunak pendukung yang lain kedalam satu komputer dan setelah itu komputer tersebut di kloningkan ke beberapa komputer yang tentunya mempunyai spesifikasi yang sama. Selain itu jika satu komputer terkena Virus komputer yang mengharuskan satu komputer tersebut harus di install ulang Windowsnya supaya virus komputer tersebut bisa hilang dari komputer, tidak perlu memerlukan banyak waktu atau bersusah payah untuk mengistall Windows dan beberapa perangkat lunak pendukung yang diperlukan oleh suatu perusahaan dan beberapa driver dari komputer tersebut, cukup dengan menarik suatu image yang telah di buat dan mengkloningkannya ke komputer yang terkena virus komputer tersebut dengan software Norton Ghost tersebut sehingga perusahaan maupun lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan tidak perlu memerlukan banyak waktu saat mengistall suatu windows cukup dengan beberapa menit saja.

Kelebihan Kloning Komputer
Kelebihan-kelebihan dari kloning komputer antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Cepat, lebih praktis menghemat waktu karena dapat menginstall windows ke beberapa komputer hanya dengan hitungan menit saja.
2.Lebih mudah dalam melakukan maintenance atau perawatan computer yang terhubung dengan jaringan, dan lebih menghemat waktu.
3.Tangguh dalam masalah jaringan karena jika satu komputer terkena virus komputer cukup di instal ulang windows dengan kloning melalui jaringan ini.

Kekurangan Kloning komputer
Kekurangan dari Kloning komputer hampir tidak ada, hanya saja untuk menjalankan proses kloning komputer ini kita membutuhkan beberapa komputer yang terhubung dengan suatu jaringan komputer dan mempunyai spesifikasi yang sama persis semua karena jika tidak sama semua maka proses kloning komputer ini tidak akan berjalan.

Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition
Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition adalah salah satu tipe product dari symantec Norton Ghost yang berfungsi sebagai mengkloningkan windows. Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition beroperasi menggunakan under DOS dan membutuhkan 1 komputer model yang bertugas untuk menjadi “image” atau cetakan windows beserta perangkat lunak yang lainnya yang dibutuhkan, 1 buah komputer server yang berfungsi untuk menarik “image” pada komputer model dan melempar “image” yang sudah di tarik dari komputer model ke beberapa komputer klien dan beberapa komputer klien.

So, Buat agan2 yg masih ragu bwt mengkloning komputernya, silahkan aja dan jangan pernah takut buat mencoba lagipula kalau salah2 dikit ya wajarlah namanya juga buatan manusia.
Share:

8 komentar:

  1. owh !!
    Gue selama ini gak terlalu perduli tentang masalah nge Ghost !!
    Tapi setelah ketemu blog agan !!
    akhirnya tercercah sedikit pengetahuan baru tentang apa itu Ghost dan bagaimana cara kerjanya.

    Thanks Gan !
    Nice Info

    BalasHapus
  2. postingan yang bagus tentang Kelebihan dan kekurangan mengkloning PC

    BalasHapus
  3. klo buat instal ulang PC atw panggilan laptop cepet gan..gak nympe stngh jam dah slsai..tinggl byran...wkwkwkwkwkkwkkw..

    BalasHapus
  4. thanks gan ane lagi nyari2 artikel tentang ini...
    hehehehe

    BalasHapus
  5. kemarin ane baru disuruh install ulang kompi di Lab komeputer sekolah ane gan. Biar cepet ane kloning aje. wkwkwk

    BalasHapus
  6. Jika kita mnggunakaan ghost, trus akan kita instal ulng secara manual, maka partisi harus di delete semua... Menurut pengetahuan saya.

    BalasHapus
  7. Kekurangannya ada... Klo windows yg di kloningnya ada virusnya... Bakal kebawa ke kloningan nya...

    BalasHapus
  8. Bagaimana kalo cloning server, sedangkan server sudah terinsatl beberapa aplikasi yang harus terkoneksi macadres dan port pada server itu tersebut, Apakah Nanti di cloningkan Macaddress dan port itu tetap sama atau berubah ?

    BalasHapus